Dheny Wiratmoko1, Erista Zulki Fahrudi2
1,2 STKIP PGRI Pacitan
1email: [email protected], 2email: [email protected]
Abstract:
This study used qualitative methods, through observation and in-depth interview. The observations and interviews were carried out with the subject and his or her environment. So, the forms of character education, examples of character and educator strategy can be in-depth uncovered, on behalf of internalizing the character education in schools. The study had been carried out for 12 months in SMP Negeri 3 (State Junior High School) Pacitan, East Java. The results showed that education essentially had two objectives, namely helping people be intelligent and smart (smart), and be better human beings (good). Making intelligent and clever man, may be easy to do, but making people be kind and wise seems to be much more difficult or even very difficult. Thus, it is fair to say that the moral problem is an acute matter or chronic diseases that accompanies human life anytime and anywhere.
Keywords: Strategy, Teacher, Character Education, School
Abstrak:
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, melalui observasi dan wawancara mendalam. Observasi dan wawancara akan dilakuan dengan subyek dan lingkungan subyek sehingga dapat diketahui secara mendalam bentuk-bentuk pendidikan karakter, contoh-contoh karakter dan strategi pendidik dalam rangka menanamkan pendidikan karakter di sekolah. Penelitian dilakuan dalam 12 bulan yang dilakukan di SMP Negeri 3 Pacitan Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pada hakekatnya memiliki dua tujuan, yaitu membantu manusia untuk menjadi cerdas dan pintar (smart), dan membantu mereka menjadi manusia yang baik (good). Menjadikan manusia cerdas dan pintar, boleh jadi mudah melakukannya, tetapi menjadikan manusia agar menjadi orang yang baik dan bijak, tampaknya jauh lebih sulit atau bahkan sangat sulit. Dengan demikian, sangat wajar apabila dikatakan bahwa problem moral merupakan persoalan akut atau penyakit kronis yang mengiringi kehidupan manusia kapan dan di mana pun.
Kata Kunci: Strategi, Guru, Pendidikan Karakter, Sekolah