Selamat dan Sukses Bapak Dr. Mukodi, M. SI

Share

IMG_9377

Jum’at 6 Juni, 2014. Tepatnya diaula persidangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) gedung pasca lantai tiga, adalah momen yang sangat berharga dan bahkan mewarnai qolbu tersendiri bagi Ketua LPPM STKIP PGRI Pacitan, Bapak Dr. Mukodi, M.SI. Tiga tahun bergelut dengan kesabaran, keuletan, lilo legowo, dan istiqomah yang telah ditanam oleh beliau sudah membuahkan hasil.

Hari itu adalah persidangan ujian terbuka program doktor, dihadiri oleh tim penguji antara lain: (1) Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M. Ed sebagai ketua penguji; (2)Dr. Dwi Siswoyo, M. Hum, sebagai sekretaris/penguji; (3)Prof. Dr. Sodik A.Kuntoro sebagai promotor/penguji; (4) Prof. Dr. Sutrisno sebagai co-promotor/penguji; (5) Prof. Dr. Suyata, Ph.D sebagai penguji; (6) dan yang terakhir Prof. Dr. Yoyon Suryono, juga sebagai penguji. Juga hadir tamu undangan istimewa ex-menteri BKKBN Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A dan Ketua STKIP PGRI Pacitan Dr. H. Maryono, M.M, serta kolega dari dan diluar civitas akademika STKIP PGRI Pacitan.

Suasana persidangan tersebut penuh dengan ketegangan dan harap cemas, bagaimana tidak, segelontoran pertanyaan dari dewan penguji yang notabene sebagian banyak adalah guru besar sangat kritis, analitis, dan bahkan, menjebak, merespon judul riset yang diusung promovendus(kandidat doktor) “Studi Fenomenologi Budaya Pondok Tremas di Era Globalisasi”. Praktis, keringat dingin tercucur dari tamu undangan, dan tidak sedikit pula yang tidak putus-putusnya membacakan do’a khususnya istri dan keluarga promovendus. Tapi berbeda dengan hal itu, promovendus yaitu Dr. Mukodi, M.SI dengan sikap tenang dan yakin menjawab semua sanggahan, keberatan atau pertanyaan dari semua dewan penguji dengan sangat baik.

Tepat pukul 15.00, dewan penguji mohon diri untuk scorsing waktu menentukan kelulusan dan penilaian promovendus. Lima belas menit kemudian, dewan penguji menentukan evaluasinya. “Selamat atas kesuksesan promovendus, sudah merespon dewan penguji dengan sangat baik”, berbuahkan nilai cumlaude. (Hax.Oxf)


Share

You may also like...