LPPM STKIP PGRI PACITAN ADAKAN WORKSHOP PKM DAN PHBD DIKTI

Share

gokil copy

Bermaksud mengoptimalkan potensi mahasiswa STKIP PGRI Pacitan dalam berbagai kegiatan, STKIP PGRI Pacitan melalui LPPM menggelar workshop penyusunan proposal  PKM dan PHBD pada Kamis (21/02/2013) bertempat di aula kampus STKIP PGRI Pacitan.  PKM adalah singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti yang betujuan memberi ruang bagi para Mahasiswa menunjukkan kreativitasnya. PKM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesionalnya. Adapun PHBD adalah singkatan dari Program Hibah Bina Desa. Hampir sama halnya dengan PKM, PHBD juga bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk membangun desanya.

Selain itu, diadakannya workshop peyusunan proposal PKM dan PHBD tersebut mempunyai tujuan  strategis, yakni meningkatkan peran serta STKIP PGRI Pacitan, khususnya mahasiswanya dalam  rangka menyukseskan program pemerintah melalui DIKTI.  Sebenarnya, selama ini, STKIP PGRI Pacitan sudah aktif mengirim proposal PKM dan PHBD ke DIKTI. Dari sekian jumlah proposal yang dikirim, beberapa proposal  berhasil lolos dan mendapat penilaian layak didanai oleh DIKTI. Pada tahun 2012 satu proposal PHBD mahasiswa STKIP PGRI Pacitan dengan tema Krupuk Temu Lawak di Desa Tinatar berhasil lolos dan mendapatkan hibah dari DIKTI. Baru saja, pada awal 2013 tiga proposal PKM mahasiswa STKIP PGRI Pacitan juga berhasil lolos untuk mendapatkan pembiayaan dari DIKTI. Diharapakan dengan adanya workshop ini, mahasiswa STKIP PGRI Pacitan semakin kretif sehingga proposal yang dikirim untuk diikutkan PKM semakin meningkat baik dari segi kuantitas, maupun kualitasnya. Hal tersebut seperti dikemukakan oleh Dr. H. Maryono, M.M, Ketua STKIP PGRI Pacitan di sela-sela pembukaan workshop. “Silakan para mahasiswa memanfaatkan program ini sebaik-baiknya. Karena  jika berhasil, dapat bermanfaat bagi diri Anda dan berdampak positif untuk STKIP PGRI Pacitan, sebagai almamater Anda,”ungkap Dr.H. Maryono, M.M.

Sementara, dalam kesempatan yang sama, Mukodi, M.S.I, Kepala LPPM STKIP PGRI mengharapkan peran aktif mahasiswa dan dosen STKIP PGRI Pacitan dalam  rangka menyukseskan berbagai program yang telah dicanangkan oleh lembaga, khususnya oleh LPPM. Di antara program itu adalah pengajuan proposal PKM dan PHBD tahun 2013  ke DIKTI . “Pada tahun-tahun sebelumnya kami hanya mengirimkan proposal ke DIKTI dalam jumlah yang relatif sedikit. Semoga dengan adanya workshop, mahasiswa semakin mengerti seluk –beluk PKM dan PHBD serta ada greget untuk berkreatif dan berinovatif.  Kalau demikian, tidak mustahil proposal yang terkirim dan lolos akan meningkat signifikan pada masa mendatang,” jelas Mukodi, M.S.I

Kegiatan workshop diikuti puluhan mahasiswa dari berbagai program studi yang ada di STKIP PGRI Pacitan.  Sebelum berlatih menyusun proposal, para peserta terlebih dahulu diberi materi sebagai bekal pengetahuan, yakni Kiat-Kiat Menyusun Proposal PHBD oleh Edi Irawan, M.Pd dan Sistematika Proposal PKM-AI oleh Mukodi, M.S.I.


Share

You may also like...