KERJASAMA DENGAN PUSAT STUDI KEBUDAYAAN UGM, UPAYA LPPM MENINGKATKAN KUALITAS PENELITIAN

Share

gokil

Kepala LPPM STKIP PGRI PACITAN, Mukodi, M.S.I. (kiri) bersama Kepala Pusat Studi Kebudayaan UGM Dr.Aprinus Salam, M.Hum (kanan) dalam salah satu prosesi penandatanganan nota kesepakatan kerja sama kedua lembaga

Penelitian merupakan salah satu bidang kerja yang dinaungi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STKIP PGRI PACITAN. Oleh karena LPPM perguruan tinggi tersebut terus berupaya meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian yang ada di dalamnya. Salah satu upaya dalam rangka hal itu adalah menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga studi berbagai perguruan tinggi baik swasta maupun negeri. Salah satunya menjalin kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dalam hal ini Pusat Studi Kebudayaan (PSKeb) UGM.

Penandatanganan nota kesepakatan kerjasama kedua institusi tersebut diwakili oleh masing-masing kepala, yakni Mukodi, M.S.I (Kepala LPPM STKIP PGRI PACITAN) dan Dr. Aprinus Salam, M.Hum (Kepala Pusat Studi Kebudayaan UGM) dengan mengambil tempat di Kantor Pusat Studi Kebudayaan UGM di kawasan Bulak Sumur Yogyakarta pada Selasa (25/06/2013). Penandatanganan nota kesepakatan kerjasama diawali dengan diskusi ringan berkaitan dengan beberapa konsep penelitian, khususnya bidang sosial dan budaya. Diskusi antardua lembaga tersebut berjalan dengan penuh kekeluargaan dan keakraban. Adapun nota kesepakatan kerjasama yang berhasil setujui oleh kedua belah pihak meliputi beberapa hal diantaranya bekerjasama dalam melakukan penelitian, pengadaan pelatihan, workshop, dan seminar-seminar berkaitan dengan bidang yang menjadi kesepakatan bersama. Nota kepakatan kerjasama kerjasama yang baru ditandatangani tersebut berlaku hingga lima tahun ke depan. Adapun nomor surat tersebut adalah 344/STKIP/KL/2013 dan UGM/1729/PSKeb/2013. Di dalamnya mencakup tujuh pasal kesepakatan kedua belah pihak.

Seusai pendatanganan nota kesepakatan kerja sama, Kepala Pusat Studi Kebudayaan UGM, Dr Aprinus Salam, M.Hum menyambut gembira telah terjadi kesepakatan kedua lembaga. Pria berkaca mata tersebut berharap semoga dengan adanya kerjasama yang sudah disepakati, penelitian terhadap fenomena sosial-budaya semakin kaya dan menyeruak ke berbagai daerah, termasuk Pacitan. “Wah, saya cukup bergembira dengan kesepakatan ini. Hal ini sebagai tanda bahawa penelitian sosial dan budaya akan semakin berkembang, sehingga ke depan budaya bukan lagi diartikan secara definitif semata tetapi dapat menempatkan budaya sebagai sarana,” jelas Dr. Aprinus Salam, M.Hum.

Pada sisi lain, Kepala LPPM STKIP PACITAN, Mukodi, M.S.I menganggap bahwa menjalin kerjasama dengan UGM akan berdampak positif pada kegairahan penelitian di lingkungan kampus STKIP PGRI PACITAN. Selain itu, Mukodi, M.S.I juga berharap dengan adanya kerjasama ini pihaknya dapat memperoleh berbagai pengalaman dari para ahli dan peneliti dari UGM. “Hari ini hari yang penting bagi kami. Kami dapat menjalin kerjasama dengan Pusat Studi Kebudayaan UGM. Kerjasama ini akan kami manfaatkan secara sungguh-sungguh, sehingga ada peningkatan secara kuantitas maupun kualitas penelitian yang kami lakukan,”tukas Mukodi, M.S.I., yang juga sebagai kandidat doktor Universitas Negeri Yogyakarta ini.


Share

You may also like...