KAJIAN WACANA PERSUASI IKLAN PEPSODENT DI MEDIA TELEVISI

Zuniar Kamaluddin Mabruri1, Nimas Permata Putri2, Fery Aristya3

1,2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Pacitan

3 Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Pacitan

 

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan teknik persuasi iklan Pepsodent  di media televisi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan objek bahasa yang digunakan dalam iklan pasta gigi Pepsodent di media televisi. Data dalam penelitian ini berupa bahasa verbal yang digunakan dalam iklan pasta gigi Pepsodent. Analisis data menggunakan metode simak dengan teknik dasar sadap, dengan teknik lanjutan rekam dan catat. Metode analisis data menggunakan metode padan. Alat penentu metode padan yang digunakan adalah referen bahasa. Metode penyajian hasil analisis data dengan cara formal dan informal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa di dalam iklan Pepsodent terdapat lima teknik persuasi, yaitu (1) rasionalisasi, (2) identifikasi, (3) konformitas, (4) kompensasi, dan (5) proyeksi.

 

Kata Kunci: Teknik persuasi,  iklan Pepsodent

 

Click to See Full PDF