IDENTIFIKASI KEAKTIFAN BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD STKIP PGRI PACITAN

Sugiyono1, dan Joko Sutrisno2

1Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2Pendidikan Bahasa Inggris

1[email protected], 2[email protected]

STKIP PGRI Pacitan

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keaktifan belajar dan sikap ilmiah mahasiswa dalam mengikuti kegiatan perkuliahan. Keaktifan  belajar adalah segala sesuatu yang dilakukan peserta baik fisik maupun mental/non fisik dalam proses pembelajaran atau suatu bentuk interaksi (guru dan siswa) untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor dalam rangka untuk mencapai tujuan belajar. D. Sedangkan, sikap ilmiah merupakan tindakan yang ditunjukkan untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau menanggapi suatu pendapat atau ide dengan berdasarkan ilmu pengetahuan yang telah terbukti kebenarannya Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan terhadap mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Pacitan pada perkuliahan Kajian Matematika Sekolah Dasar. Data penelitian hasil observasi, hasil angket, dan wawancara dianalisis secara deskriptif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini bahwa keaktifan belajar mahasiswa yang mendominasi adalah pada kategori kurang, dan sebaliknya keaktifan belajar kategori baik justru pada yang paling kecil. Pada masing-masing indikator terlihat bahwa indikator keaktifan dalam mengikuti jalannya pembelajaran mendapat hasil paling tinggi, dan indikator keaktifan dalam memunculkan ide alternatif jawaban menunjukkan hasil paling rendah. Sedangkan, untuk sikap ilmiah mahasiswa yang mendominasi terletak pada kategori sangat kurang, dan hasil terendah pada kategori sangat baik. Selanjutnya hasil pada indikator-indikator yang telah diukur hasil yang paling rendah terletak pada indikator sikap kreatif, dan hasil yang tertinggi pada indikator sikap demokratis.

 

Kata kunci: keaktifan, belajar, sikap ilmiah

 

Click to See Full PDF